Senin, 28 November 2016
CONTOH RPP K 13
-stroke-width: 0px; ">RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIN Singaraja
Kelas/ Semester : II (dua)/ I (satu)
Tema/ Subtema/ Pembelajaran ke : Tugasku Sehari-hari/ Tugasku sehari-hari di Rumah
Alokasi Waktu : 1 kali pertemuan (2 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti (KI) 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru. 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar: 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik. 3.1 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik. 4.1 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
Matematika 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 2.1 menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas. 3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
Bahasa Indonesia 1.1 Menerima anugerah Tuhan yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah. 2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia atau bahasa daerah. 3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PKn 1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku budaya, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah tuhan yang maha esa di lingkungan rumah dan sekolah. 2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral pancasila. 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. 4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
SBDP 1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan tuhan. 2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni. 3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatika tempo gerak. 4.1 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
Indikator:
Matematika
3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.
Bahasa Indonesia
3.3.1 Mengidentifiksi berbagai kegiatan anggota keluarga.
PPKn
3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3..2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
SBDP
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran 1. Dengan mengamati teks “Tugasku di Pagi Hari”, siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya diri. 2. Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin. 3. Dengan menanya teman sebangku siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturanyang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri. 4. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat. 5. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan percaya diri. 6. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan dengan percaya diri. 7. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan dengan percaya diri. 8. Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki dengan percaya diri. 9. Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin. 10. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat. 11. Dengan memperhatikan gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam dengan disipin. 12. Dengan menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga yang disiplin. 13. Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan Siti, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.
D. Materi Pembelajaran Tugasku sehari-hari dirumah (buku siswa K13 halaman 3-9)
E. Metode dan Pendekatan Belajar 1. Metode: ceramah, Tanya jawab, games dan penugasan. 2. Pendekatan: saintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar 1. Media a. Gambar Siti menyapu kamar. b. Tabel wawancara tugas teman di rumah. c. Gambar Siti melakuan gerakan. d. Jam analog. e. Gambar jam. f. Gambar kegiatan Siti di rumah. 2. Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Tema 2 “Bermain di
Lingkunganku.” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam. 2. Guru memimpin berdoa sebelum belajar. 3. Guru mengecek kehadiran siswa. 4. Guru menyampaikan tema pembelajaran kepada siswa.
10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar gambar suasana di rumah Siti pada hari Minggu. 2. Siswa mengamati gambar suasana di rumah Siti pada hari Minggu (mengamati). 3. Siswa menjawab soal pada Buku halaman 4 tentang tugas di rumah. 4. Siswa membuat pertanyaan yang tentang tugas-tugasku dirumah (menanya) 5. Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti menyapu kamar dengan cermat. 6. Siswa mengamati gambar siti menyapu kamar dengan cermat (mengamati). 7. Siswa membaca teks “Tugasku di Pagi Hari.”
50 menit (mengamati) 8. Siswa membuat pertanyaan tentang tugas Siti membantu Ibu di Rumah. 9. Siswa mencari tahu tetang tugas beberapa temannya di Rumah lalu menuliskannya pada buku siswa halaman 6. 10. Dengan alat peraga yang telah disediakan oleh guru siswa mempraktikkan tugas yang dilakukan dirumah secara bergantian (mempraktikkan) 11. Siswa mengingat kembali gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah seperti gerakan ketika bagun tidur setelah bangun tidur (mengasosiasi). 12. Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari (mengasosiasi). 13. Siswa memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan (mengamati). 14. Siswa dibimbing oleh Guru mengikuti gerakan yang dilakukan oleh Siti yang meliputi gerakan kepala, badan, lengan, dan kaki dengan disiplin (mempraktekkan). 15. Siswa mengerjakan soal pada halaman 7. 16. Siswa mengamati gambar jam pada saat Siti bangun tidur dan sarapan pagi (mengamati). 17. Siswa di bombing oleh guru membaca jam pada saat Siti Bangun tidur dan sarapan pagi. 18. Siswa membaca jam pada soal halaman 8. 19. Siswa mengamati gambar tugas-tugas Siti di Rumah. 20. Siswa menuliskan tugas-tugas Siti pada lembar kerja halaman 8.
Penutup 1. Guru meminta siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari. 2. Guru memberikan PR pada siswa sebagai jam tambahan belajar untuk menuliskan tugas semua anggota keluarga di rumah dan menuliskan jarum jam yang menunjuk arah tertentu serta membacanya 3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama siswa. 4. Mengucapkan salam.
10 menit
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian a. Penilaian sikap:jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan bekerja sama. b. Penilaian pengetahuan: tes tulis yang diberikan pada siswa c. Unjuk kerja: kerja kelompok bermain menyusun kartu menjadi piramida, serta PR menuliskan permainan dilingkungan rumah yang pernah dilakukan bersama anggota keluarga atau teman.2. Bentuk Instrumen Penilaiana. Lembar Penilaian Sikap No Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku Percaya diri Teliti Santun BT T M SM BT T M SM BT T M SM 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4Keterangan: BT : Belum Terlihat T : Terlihat M : Menonjol SM : Sangat Menonjol Berilah dengan tanda centang ( ) pada kolom yang sesuai.b. Lembar Penilaian Pengetahuan Instrumen penilaian: tes tertulis (isian) Tes tertulis: skor Skor maksimal: 100 Penilaian: Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100 = ..... Skor maksimalKonversi Nilai(Skala 0 – 100)Predikat Klasifikasi 81 – 100 A SB (Sangat Baik) 66 – 80 B B (Baik) 51 – 65 C C (Cukup) 0 – 50 D K (Kurang) Menulis waktu saat mandi dan saat pergi ke Sekolah. Banyak soal : 2 soal Kunci Jawaban: 1. 05.00 2. 06.00 Contoh perilaku yang sesuai dengan aturan sehari-hari di Rumah. Menanya tugas teman di Rumah.Nama Teman Tugas di Rumah Setiap Pagic. Lembar Penilaian Keterampilana. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati Penilaian: Observasi (pengamatan) Lembar kegiatan BertanyaNo. Kriteria Terlihat (√) Belum Terlihat (√) 1. Menggunakan kata Tanya yang sesuai 2. Penggunaan tanda tanya pada kalimat Tanya 3. Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati 4. Menggunakan kata Tanya yang bervariasiNo Nama Siswa Kriteria I Kriteria 3 Kriteria 3 Kriteria 4T BT T BT T BT T BTb. Menirukan berbagai gerakan. Penilaian: observasi (pengamatan) Lembar Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan No. Kriteria Terlihat (√) Belum Terlihat (√) 1. Keterampilan koordinasi gerakan kepala 2. Kemampuan mengikuti aturan gerakan kepala 3. Keterampilan koordinasi gerakan badan 4. Kemampuan mengikuti aturan gerakan badan 5. Keterampilan koordinasi gerakan tangan 6. Kemampuan mengikuti aturan gerakan tangan 7. Keterampilan koordinasi gerakan kaki 8. Kemampuan mengikuti aturan gerakan kaki. Hasil Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan No Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 Kriteria 4 Kriteria 5 Kriteria 6 Kriter ia 7 Kriteria 8 T BT T BT T BT T BT T BT T BT T B T T BT 1. 2. 3. 4. 5. Keterangan: T : Terlihat BT: Belum Terlihat Beri tanda centang (√) pada kolom yang sesuaic. Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EBI yang tepat. Penilaian: Unjuk Kerja Rubrik Menulis teks buku harian No. Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan 4 3 2 1 1. Penggunaan EBI yang tepat Menggunakan huruf capital, tanda baca, dan kata depan secara tepat tanpa bimbingan guru Ada beberapa penggunaan huruf capital tanda baca dan kata depan yang kurang tepat namun dilakukan tanpa bimbingan guru Ada beberapa penggunan huruf capital tanda baca dan kata depan yang kurang tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru Ada beberapa penggunaan huruf capital tanda baca dan kata depan yang tidak tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru 2 Keefektifan kalimat Mengandung unsur kalimat lengkap dengan susunan tepat Mengandung unsur kalimat yang lengkap namun susunanya kurang tepat Mengandung unsur kalimat yang kurang lengkap dan susunanya kurang tepat Mengandung unsur kalimat yang kurang lengkap dan tidak jelas susunanya sulit dipahami 3. Kesesuaian dengan isi cerita dengan topic pembahasan Cerita sesuai dengan topic pembahasan dan dikembangkan cerita lebih luas tanpa bimbingan guru Cerita sesuai dengan topic pembahasan dan dilakukan tanpa bimbingan guru Cerita kurang sesuai dengan topic pembahasan dan dilakukan tanpa bimbingan guru Cerita kurang sesuai dengan topic pembahasan walaupun telah dibimbing guru Catatan: jumlah kriteria dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan penilaian. Cara Penilaian Menulis Narasi Sederhan Tentang Tugas Sehari-hari No. Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 Kriteria4 T BT T BT T BT T BT 1. 2. 3. 4. 5 Rumus perhitungan sebagai berikut: Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100 = ..... Skor maksimalKeterangan: Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1, kriteria2, dan kriteria3. Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini, skor ideal = 3 x 4 =123. Instrument Observasi berbentuk Lembar Pengamatan Contoh melakukan gerakan pemanasan, permainan, pendinginan (kepala, tangan, pinggang, dan kaki) dinilai dengan penilaian observasi/pengamatan No. Kriteria Terlihat (√) Belum Terlihat (√) 1 Melakukan gerakan pemanasan … … 2. Melakukan gerakan permainan … … 3. Melakukan gerakan pendinginan … … Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa. Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Pemanasan, Permainan dan Pendinginan (kepala, badan, kaki) No Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 T BT T BT T BT Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa. Mengetahui, Tulungagung, 7 November 2016 Kepala Sekolah Guru Kelas II NIP. NIM.1725143121Refleksi: * Hal-hal yang perlu menjadi perhatian ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................... * Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................... * Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................... .................................................................................................... * Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan ....................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................... ...................................................................................................Remedial: Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.Pengayaan: Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar