RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: MI Al Fitrah
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: V/ I
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (
Pertemuan 1 )
KKM
: 70
- Standar Kompetensi
3.
Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah
masalah
- Kompetensi Dasar
3.1. Menghitung luas
layang-layang
- Indikator
- Kognitif:
· Menjelaskan
bangun layang-layang
· Menghitung
luas layang-layang
· Menemukan
rumus bangun layang-layang melalui pendekatan segitiga
- Afektif :
· Memperhatikan
penjelasan dari guru
· Berperan aktif dalam pembelajaran
- Psikomotor :
· Aktif
menjawab pertanyaan guru
· Aktif
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
- Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
·
Siswa dapat
menjelaskan pengertian bangun layang-layang di kelas dengan baik.
·
Siswa mampu
menghitung luas bangun datar layang-layang di kelas dengan benar.
·
Siswa dapat
menemukan rumus luas layang-layang melalui pendekatan segitiga di kelas dengan
baik.
2.
Afektif
·
Peserta didik
dapat memperhatikan penjelasan dari guru dikelas dengan baik.
·
Peserta didik
dapat berperan aktif dalam pembelajaran di kelas dengan baik.
·
Peserta didik
dapat bekerjasama dengan kawan-kawan sekelasnya dengan baik.
3.
Psikomotor
·
Peserta didik
aktif mengerjakan tugas dari guru di kelas dengan baik.
·
Peserta didik
terampil mengerjakan tugasnya di kelas dengan baik.
- Materi Ajar

L = ½ x
d1 x d2
dengan:d 1 dan d2
adalah panjang diagonal 1 dan 2.
- Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran :
Quantum Teaching, diskusi, tanya jawab
- Karakter peserta didik yang diharapkan, yaitu:
a.
Mandiri
b.
Rasa ingin
tahu
c.
Teliti
d.
Kerja
keras
e.
Disiplin
- Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan awal
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
50 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
5 menit
|
- Alat dan Sumber Belajar
Alat peraga : layang-layang,
kertas origami, papan table luas layang-layang dan segitiga
Sumber Belajar : R.J.
Soenarjo. 2007. Matematika 5 untuk SD/MI Kelas V, Jakarta:
Pusat Perbukaan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian
Jenis : Lembar Kerja –
lihat lampiran
Mengetahui
Tulungagung,
25 November 2016
Kepala Sekolah
Mahasiswa
Lembar Kerja Siswa
- Sebuah bangun berbentuk layang-layang dengan panjang diagonal 1(d1) berukuran 18 cm dan diagonal 2 (d2) berukuran 16 cm. Tentukan luas bangun tersebut !
- Layang-layang memiliki luas 280 cm2 dan salah satu diagonalnya berukuran 20 cm. Tentukan ukuran diagonal yang lain!
- Deni akan membuat layang-layang. Dua potong bambu yang Deni pakai berukuran 30 cm dan 22 cm. Apabila layangan sudah jadi, berapakah luasnya?
- Aldo memiliki kertas berukuran 60 cm x 100 cm. Kertas itu ia gunakan untuk membuat 6 buah layang-layang yang berukuran 36 cm x 40 cm. Berapa luas kertas yang tersisa?
- Di rumah Mira terdapat hiasan dinding berbentuk layang-layang dengan ukuran luas 420 cm2. Jika salah satu diagonalnya berukuran 28 cm tentukanlah ukuran diagonal yang lainnya!
Lembar Kerja Siswa
- Sebuah bangun berbentuk layang-layang dengan panjang diagonal 1(d1) berukuran 18 cm dan diagonal 2 (d2) berukuran 16 cm. Tentukan luas bangun tersebut !
- Layang-layang memiliki luas 280 cm2 dan salah satu diagonalnya berukuran 20 cm. Tentukan ukuran diagonal yang lain!
- Deni akan membuat layang-layang. Dua potong bambu yang Deni pakai berukuran 30 cm dan 22 cm. Apabila layangan sudah jadi, berapakah luasnya?
- Aldo memiliki kertas berukuran 60 cm x 100 cm. Kertas itu ia gunakan untuk membuat 6 buah layang-layang yang berukuran 36 cm x 40 cm. Berapa luas kertas yang tersisa?
- Di rumah Mira terdapat hiasan dinding berbentuk layang-layang dengan ukuran luas 420 cm2. Jika salah satu diagonalnya berukuran 28 cm tentukanlah ukuran diagonal yang lainnya!
Lembar Kerja Siswa
- Sebuah bangun berbentuk layang-layang dengan panjang diagonal 1(d1) berukuran 18 cm dan diagonal 2 (d2) berukuran 16 cm. Tentukan luas bangun tersebut !
- Layang-layang memiliki luas 280 cm2 dan salah satu diagonalnya berukuran 20 cm. Tentukan ukuran diagonal yang lain!
- Deni akan membuat layang-layang. Dua potong bambu yang Deni pakai berukuran 30 cm dan 22 cm. Apabila layangan sudah jadi, berapakah luasnya?
- Aldo memiliki kertas berukuran 60 cm x 100 cm. Kertas itu ia gunakan untuk membuat 6 buah layang-layang yang berukuran 36 cm x 40 cm. Berapa luas kertas yang tersisa?
- Di rumah Mira terdapat hiasan dinding berbentuk layang-layang dengan ukuran luas 420 cm2. Jika salah satu diagonalnya berukuran 28 cm tentukanlah ukuran diagonal yang lainnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar